Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Studio Perancangan 1 dan 2
Berikut merupakan Rencana Pembelajaran Semester untuk mata kuliah Studio Perancangan Lanskap 1 dan 2 (SPL1 dan SPL2) di prodi arsitektur lanskap Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang yang mana dibedakan atas :
a. tingkatannya : secara keseluruhan SPL 1 lebih sederhana
b. metode pengerjaan : SPL 1 dengan handdrawing sedangkan SPL 2 dengan digitalisasi
c. produk : SPL 1 adalah taman rumah tinggal, sedangkan SPL 2 adalah taman dengan skala kawasan
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
STUDIO PERANCANGAN LANSKAP 1
Kode Mata Kuliah : ALA5423
Jumlah
sks :
4 SKS
Sifat
: Wajib
Semester :
5
Tim Dosen : Irawan Setyabudi, ST.,MT dan
Judha Widhita, SP.
Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah yang
melatih mahasiswa sebagai calon arsitek lanskap profesional dengan pengerjaan
proyek berskala kecil berupa taman rumah tinggal dengan tahapan dan produk yang
komprehensif. Mata kuliah studio merupakan inti kompetensi sebagai seorang
arsitek dalam mendesain, mahasiswa sudah harus memahami dasar menggambar
teknik, nilai estetika, teori perancangan, ilmu tanaman, filsafat lanskap dan
budaya, kelengkapan tapak (utilitas), serta cara mengkomunikasikan ide dan
gambarnya. Sebagai penerapan dari mata kuliah teori perancangan arsitektur,
mahasiswa akan mempelajari lagi tahapan desain mulai dari inventarisasi,
programming, konsep, pradesain, pengembangan desain hingga hasil desain akhir
dengan penerapan studi kasus. Dengan adanya studi kasus ini, mahasiswa
disiapkan untuk praktek berwirausaha arsitektur dengan hasil produk berupa
gambar kerja, gambar display, maket, poster, animasi dan RAB yang dipresentasikan
kepada seorang klien.
Kompetensi dan Indikator Capaian Pembelajaran :
1. Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan
arsitektur lanskap 1
2. Mampu
memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan
ide dalam bentuk gambar sketsa
3. Mampu
mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih
tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
4. Mampu
menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat
laporan tentang analisis dan sintesis tapak
5. Mampu
membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan membuat
laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap
6. Mampu
menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan tugas yang berupa laporan
bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya
7. Mahasiswa
mampu mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan tugas
8. Mampu
menyusun Rencana Anggaran Biaya, dan mampu membuat maket
9. Bagaimana
agar menjadi seorang arsitek lanskap profesional
10. Memahami
kerangka acuan kerja, proses desain dan mengkomunikasikan hasil kerja
11. Memahami
bagaimana menggali ide sederhana sampai kompleks
12. Memahami
bagaimana menghargai waktu kerja
13. Memahami
menyeluruh tentang taman berskala rumah tinggal
14. Terampil
dalam kompetensi di bidang planning dan designing
Bahan Bacaan
1. Harris dan Dines. Time Saver
Standar for Landscape Architecture
2. Ernest Neufert. Data Arsitek
Jilid I dan II
3. Francis DK. Ching. Arsitektur,
Bentuk dan Susunannya
4. Rustam Hakim. Komponen
Perancangan Arsitektur Lanskap : Prinsip-Unsur dan Aplikasi Desain
5. Boedhi Laksito. Metode
Perencanaan dan Perancangan Arsitektur.
Capaian Pembelajaran,
Materi, Metode Pembelajaran dan Evaluasi
MINGGU
KE
|
KEMAMPUAN
AKHIR
YANG DIHARAPKAN
|
BAHAN
KAJIAN
|
BENTUK
PEMBELA
JARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR MAHASISWA
|
Tatap
muka (menit)
|
Praktikum
(menit)
|
Latihan
(menit)
|
1
|
Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan
arsitektur lanskap 1
|
Pengantar
umum
(IRAWAN
& JUDHA)
|
Ceramah dan survey lokasi
|
a.
Penjelasan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berupa materi
yang akan disampaikan selama 16 minggu perkuliahan
b.
Pengenalan mata kuliah Studio Perancangan Lanskap 1
c.
Penjelasan Proyek Studio dan KAK
d.
Penjelasan laporan Modul
1 yang berisi : studi hasil karya taman sejenis berjumlah 1 buah yang
mencantumkan biografi arsitek, deskripsi bangunan, konsep, foto, 3D,
organisasi ruang, struktur dan teknologi.
|
55
|
165
|
a.
Mahasiswa membentuk tim kerja (membuat studio pribadi
dan membagi tanggung jawab divisi : laporan, gambar manual, 3d & maket)
b.
Mahasiswa menyusun rencana dan waktu kerja (time schedule & progress report)
c.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 1 : laporan studi preseden
(2)
Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
|
2
|
Mampu
memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan
ide dalam bentuk gambar sketsa
|
Pengetahuan
Azas-azas dalam Perancangan Arsitektur Lanskap
(JUDHA &
IRAWAN)
|
Ceramah dan latihan
|
a.
Teori ringkas Azas Perancangan Arsitektur Lanskap
berupa tahapan rancangan, proses perancangan, prinsip desain, unsur desain,
metode desain
b.
Penjelasan pengambilan uraian isu untuk gagasan awal
desain
c.
Penjelasan tentang taman bertematik
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Pengumpulan Modul 1 : laporan studi preseden
(2)
Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
3
|
Mampu
mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih
tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
|
Inventarisasi tapak
(IRAWAN)
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Pendataan unsur-unsur tapak berdasarkan survey lokasi
b.
Pengenalan potensi dan kendala tapak baik di dalam
maupun di luar lokasi tapak
c.
Pemanfaatan potensi dan kendala tapak
d.
Penjelasan laporan Modul
2 yang berisi : nama proyek, pemilik proyek, latar belakang, permasalahan
umum, tujuan, batasan, ruang lingkup, masukan, analisis kondisi tapak, data
kondisi lingkungan tapak, tipologi bangunan sekitar, data peraturan setempat,
kebutuhan besaran ruang, aspek calon pengguna, hasil yang diharapkan dari
desain.
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)
Gambar : Inventarisasi pada siteplan lokasi survey
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
4-5
|
Mampu
menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat
laporan tentang analisis dan sintesis tapak
|
Programming
(JUDHA &
IRAWAN)
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penentuan analisis kebutuhan, analisis aktivitas dan
analisis fungsi (aktivitas kegiatan berdasarkan kelompok pengguna)
b.
Penjelasan analisis tapak dalam lokasi (fisik natural berupa tanah, hidrologi,
klimatologi, topografi, tata hijau, sensori, potensial, visual), analisis luar tapak (sosial, budaya,
ekonomi, lingkungan), tinjauan
masterplan (zona, orientasi bangunan, fungsi bangunan, sistem sirkulasi,
sistem utilitas)
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)
Gambar : analisis tapak, analisis kebutuhan, analisis
aktivitas dan analisis fungsi
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
6, 7, 8
|
Mampu
membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan
membuat laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap
|
Konsep Desain(IRAWAN) |
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penjelasan tentang sintesis berupa konsep desain
setelah analisis. Konsep berupa skematik (lingkungan, zoning, kebutuhan
ruang, kebutuhan aktivitas, spasial, sirkulasi, tata hijau, utilitas), konsep
pembiayaan dan pemeliharaan, sketsa konsep
b.
Penjelasan tentang laporan Modul 3 yang berisi : Laporan pendahuluan, perancangan taman
ditinjau peraturan bangunan kota (pranata pembangunan, peraturan
pembangunan), aspek keterkaitan lingkungan (urban planning, urban design,
neighborhood), aspek perencanaan (analisis pelaku, analisis fungsi, aktivitas
kebutuhan ruang, sintesis kebutuhan ruang, kuantitatif ruang, alur aktivitas,
hubungan ruang), aspek perancangan bangunan taman (kontekstual perancangan
tapak, tipologi, sistem struktur, sistem konstruksi bangunan, sistem selubung
bangunan, bahan bangunan, utilitas, sistem keselamatan, standar teknis,
aksesbilitas penyandang cacat
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 3 : Laporan Landasan Program, Perencanaan dan
Perancangan Arsitektur Lanskap (LP3AL)
(2)
Gambar : Konsep dan gagasan awal
(3)
Studi pragmatis Maket studi
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
9, 10, 11
|
Mampu menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan Modul 4 yang berupa laporan bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya |
Pradesain
(JUDHA
& IRAWAN)
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penjelasan tentang gambar perencanaan : site plan dan layout plan berdasarkan
konsep, planting plan, elevation plan, section plan, lighting plan,
topography plan, drainage plan, utility plan, maintenance plan, gambar
perspektif kasar
b.
Penjelasan tentang laporan Modul 4 yang berisi : laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep
arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan
utilitas
|
55
|
110
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep
arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan
utilitas
(2)
Gambar perencanaan
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
11, 12, 13
|
Mahasiswa mampu
mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan modul 4
|
Pengembangan Desain(JUDHA & IRAWAN) |
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penjelasan tentang gambar perancangan : Details design,
landscape design development, planting design, section, elevation, landscape
furnitures details, hard material details, soft material details,
construction details, perspective (sketsa atau 3D sketchup/realtime)
b. Melanjutkan laporan
modul 4.
|
55 |
165 |
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep
arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan
utilitas
(2)
Gambar Perancangan
b. Media pembelajaran : papan tulis dan LCD |
13, 14, 15
|
Mampu
menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat maket dan membuat laporan Modul 5
|
Pengembangan Akhir
dan Kelengkapan tugas
(JUDHA &
IRAWAN)
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penyusunan Rencana Anggaran Biaya
b. Penjelasan tentang
Maket Presentasi
c.
Penjelasan Modul
5 yang berisi : produk display/poster tentang data dan gagasan desain,
analisis desain, display gambar kerja, display gambar perspektif, display
utilitas
|
55
|
165
|
a.
Checkpoint mahasiswa tentang kelengkapan tugas
sebelumnya
b.
Tugas Praktikum berupa :
(1) Pengerjaan Maket
presentasi (kelompok)
(2) Latihan membuat
jurnal tentang desain individu
|
16
|
Mampu
menjelaskan secara verbal hasil desain taman
|
UAS |
Praktikum
|
Presentasi terbuka
dan pameran
|
-
|
220
|
Keluaran: laporan desain, jurnal individu, gambar kerja, presentasi dan maket presentasi |
Ketentuan Umum :
1 Mahasiswa diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2 Mahasiswa diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan
mengumpulkan tugas dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3 Mahasiswa dapat memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum
70.
4 Mahasiswa tidak ada kesempatan mengikuti remedial UAS.
5 Nilai quiz untuk perbaikan nilai UAS
Penilaian :
Bobot Penilaian terdiri
dari :
Tugas individu 5% 1x
tugas
Tugas Kelompok 55% 14x
tugas
UTS 20% 1x pengumpulan tugas
UAS 20% 1x pengumpulan tugas
Nilai akhir 100%
Kriteria penilaian :
Nilai
|
Range
|
A
|
> 80
|
B+
|
75 – 79
|
B
|
70 – 74
|
C+
|
65 – 69
|
C
|
60 – 64
|
D
|
< 60
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
STUDIO PERANCANGAN LANSKAP 2
Kode Mata Kuliah : ALA6423
Jumlah
sks :
4 SKS
Sifat
: Wajib
Semester :
6
Tim Dosen : Irawan Setyabudi, ST.,MT dan
Judha Widhita, SP.
Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah yang
melatih mahasiswa sebagai calon arsitek lanskap profesional dengan pengerjaan
proyek berskala lingkungan dengan tahapan dan produk yang komprehensif. Sebagai
muara mata kuliah lain di bidang desain, mahasiswa harus memahami tahapan
desain yang umum digunakan mulai dari inventarisasi, programming, konsep,
pradesain, pengembangan desain hingga hasil desain akhir; serta detail-detail
teknis bangunan. Produk yang dihasilkan adalah gambar kerja, gambar display,
maket, poster, animasi dan RAB yang representatif untuk penyampaian ide kepada
klien jasa arsitektur lanskap.
Kompetensi dan Indikator Capaian Pembelajaran :
1. Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan
arsitektur lanskap 2
2. Mampu
memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan ide
dalam bentuk gambar sketsa
3. Mampu
mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih
tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
4. Mampu
menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat
laporan tentang analisis dan sintesis tapak
5. Mampu
membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan membuat
laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap
6. Mampu
menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan tugas yang berupa laporan
bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya
7. Mahasiswa
mampu mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan
tugas
8. Mampu
menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat maket dan membuat laporan Modul 5
9. Bagaimana
agar menjadi seorang arsitek lanskap profesional
10. Memahami
kerangka acuan kerja, proses desain dan mengkomunikasikan hasil kerja
11. Memahami
bagaimana menggali ide sederhana sampai kompleks
12. Memahami
bagaimana menghargai waktu kerja
13. Memahami
menyeluruh tentang taman berskala lingkungan
14. Terampil
dalam kompetensi di bidang planning dan designing
Bahan Bacaan
1. Harris dan Dines. Time Saver
Standar for Landscape Architecture
2. Ernest Neufert. Data Arsitek
Jilid I dan II
3. Francis DK. Ching. Arsitektur,
Bentuk dan Susunannya
4. Rustam Hakim. Komponen
Perancangan Arsitektur Lanskap : Prinsip-Unsur dan Aplikasi Desain
Capaian Pembelajaran,
Materi, Metode Pembelajaran dan Evaluasi
MINGGU
KE
|
KEMAMPUAN
AKHIR
YANG DIHARAPKAN
|
BAHAN
KAJIAN
|
BENTUK
PEMBELA
JARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR MAHASISWA
|
Tatap
muka (menit)
|
Praktikum
(menit)
|
Latihan
(menit)
|
1
|
Mahasiswa memahami mata kuliah studio perancangan
arsitektur lanskap 2
|
Pengantar
umum
|
Ceramah dan survey lokasi
|
a.
Penjelasan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berupa materi
yang akan disampaikan selama 16 minggu perkuliahan
b.
Pengenalan mata kuliah Studio Perancangan Lanskap 2
c.
Penjelasan Proyek Studio dan KAK
d.
Penjelasan laporan Modul
1 yang berisi : studi hasil karya taman sejenis berjumlah 1 buah yang
mencantumkan biografi arsitek, deskripsi bangunan, konsep, foto, 3D,
organisasi ruang, struktur dan teknologi.
|
55
|
165
|
a.
Mahasiswa membentuk tim kerja
b.
Mahasiswa menyusun rencana dan waktu kerja (time schedule & progress report)
c.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 1 : laporan studi preseden
(2)
Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
|
2
|
Mampu
memahami teori ringkas azas-azas perancangan arsitektur dan mampu menuangkan
ide dalam bentuk gambar sketsa
|
Pengetahuan
Azas-azas dalam Perancangan Arsitektur Lanskap
|
Ceramah dan latihan
|
a.
Teori ringkas Azas Perancangan Arsitektur Lanskap
berupa tahapan rancangan, proses perancangan, prinsip desain, unsur desain,
metode desain
b.
Penjelasan pengambilan uraian isu untuk gagasan awal
desain
c.
Penjelasan tentang taman bertematik
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Pengumpulan Modul 1 : laporan studi preseden
(2)
Survey lokasi taman sejenis dan rencana lokasi
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
3
|
Mampu
mendata unsur-unsur pada tapak, mengenali potensi dan kendala saat memilih
tapak, dan ketrampilan membuat laporan awal desain
|
Inventarisasi tapak
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Pendataan unsur-unsur tapak berdasarkan survey lokasi
b.
Pengenalan potensi dan kendala tapak baik di dalam
maupun di luar lokasi tapak
c.
Pemanfaatan potensi dan kendala tapak
d.
Penjelasan laporan Modul
2 yang berisi : nama proyek, pemilik proyek, latar belakang, permasalahan
umum, tujuan, batasan, ruang lingkup, masukan, analisis kondisi tapak, data
kondisi lingkungan tapak, tipologi bangunan sekitar, data peraturan setempat,
kebutuhan besaran ruang, aspek calon pengguna, hasil yang diharapkan dari
desain.
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)
Gambar : Inventarisasi pada siteplan lokasi survey
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
4-5
|
Mampu
menentukan analisis kebutuhan, aktivitas dan fungsi, serta mampu membuat
laporan tentang analisis dan sintesis tapak
|
Programming
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penentuan analisis kebutuhan, analisis aktivitas dan
analisis fungsi (aktivitas kegiatan berdasarkan kelompok pengguna)
b.
Penjelasan analisis tapak dalam lokasi (fisik natural berupa tanah, hidrologi,
klimatologi, topografi, tata hijau, sensori, potensial, visual), analisis luar tapak (sosial, budaya,
ekonomi, lingkungan), tinjauan
masterplan (zona, orientasi bangunan, fungsi bangunan, sistem sirkulasi,
sistem utilitas)
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 2 : laporan Kerangka Acuan Kerja
(2)
Gambar : analisis tapak, analisis kebutuhan, analisis
aktivitas dan analisis fungsi
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
6, 7, 8
|
Mampu
membuat sintesis berupa konsep desain, selain itu mahasiswa diharuskan
membuat laporan landasan program, perencanaan, perancangan Arsitektur Lanskap
|
Konsep Desain |
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penjelasan tentang sintesis berupa konsep desain
setelah analisis. Konsep berupa skematik (lingkungan, zoning, kebutuhan
ruang, kebutuhan aktivitas, spasial, sirkulasi, tata hijau, utilitas), konsep
pembiayaan dan pemeliharaan, sketsa konsep
b.
Penjelasan tentang laporan Modul 3 yang berisi : Laporan pendahuluan, perancangan taman
ditinjau peraturan bangunan kota (pranata pembangunan, peraturan
pembangunan), aspek keterkaitan lingkungan (urban planning, urban design,
neighborhood), aspek perencanaan (analisis pelaku, analisis fungsi, aktivitas
kebutuhan ruang, sintesis kebutuhan ruang, kuantitatif ruang, alur aktivitas,
hubungan ruang), aspek perancangan bangunan taman (kontekstual perancangan
tapak, tipologi, sistem struktur, sistem konstruksi bangunan, sistem selubung
bangunan, bahan bangunan, utilitas, sistem keselamatan, standar teknis, aksesbilitas
penyandang cacat
|
55
|
165
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 3 : Laporan Landasan Program, Perencanaan dan
Perancangan Arsitektur Lanskap (LP3AL)
(2)
Gambar : Konsep dan gagasan awal
(3)
Studi pragmatis Maket studi
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
9, 10, 11
|
Mampu menjelaskan gambar perencanaan dan menjelaskan Modul 4 yang berupa laporan bangkitan gagasan kreatif beserta konsep-konsepnya |
Pradesain
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penjelasan tentang gambar perencanaan : site plan dan layout plan berdasarkan
konsep, planting plan, elevation plan, section plan, lighting plan,
topography plan, drainage plan, utility plan, maintenance plan, gambar
perspektif kasar
b.
Penjelasan tentang laporan Modul 4 yang berisi : laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep
arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan
utilitas
|
55
|
110
|
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep
arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan
utilitas
(2)
Gambar perencanaan
b.
Media pembelajaran : papan tulis dan LCD
|
11, 12, 13
|
Mahasiswa mampu
mengembangkan desainnya hingga ke detail-detail dan tetap melanjutkan modul 4
|
Pengembangan Desain |
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penjelasan tentang gambar perancangan : Details design,
landscape design development, planting design, section, elevation, landscape
furnitures details, hard material details, soft material details,
construction details, perspective (sketsa atau 3D sketchup/realtime)
b. Melanjutkan laporan
modul 4.
|
55 |
165 |
a.
Tugas Praktikum berupa :
(1)
Modul 4 : Laporan bangkitan gagasan kreatif, konsep
arsitektur, skematik desain, eksplorasi detail tampak, struktur bangunan dan
utilitas
(2)
Gambar Perancangan
b. Media pembelajaran : papan tulis dan LCD |
13, 14, 15
|
Mampu
menyusun Rencana Anggaran Biaya, membuat maket dan membuat laporan Modul 5
|
Pengembangan Akhir
dan Kelengkapan tugas
|
Ceramah
Eksplorasi
Presentasi
|
a.
Penyusunan Rencana Anggaran Biaya
b. Penjelasan tentang
Maket Presentasi
c.
Penjelasan Modul
5 yang berisi : produk display/poster tentang data dan gagasan desain,
analisis desain, display gambar kerja, display gambar perspektif, display
utilitas
|
55
|
165
|
a.
Checkpoint mahasiswa tentang kelengkapan tugas
sebelumnya
b.
Tugas Praktikum berupa :
(1) Pengerjaan Maket
presentasi (kelompok)
(2) Latihan membuat
jurnal tentang desain individu
|
16
|
Mampu
menjelaskan secara verbal hasil desain taman
|
UAS |
Praktikum
|
Presentasi terbuka
dan pameran
|
-
|
220
|
Keluaran: laporan desain, jurnal individu, gambar kerja, presentasi dan maket presentasi |
Ketentuan Umum :
1 Mahasiswa diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2 Mahasiswa diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan
mengumpulkan tugas dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3 Mahasiswa dapat memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum
70.
4 Mahasiswa tidak ada kesempatan mengikuti remedial UAS.
5 Nilai quiz untuk perbaikan nilai UAS
Penilaian :
Bobot Penilaian terdiri
dari :
Tugas individu 5% 1x
tugas
Tugas Kelompok 55% 14x
tugas
UTS 20% 1x pengumpulan tugas
UAS 20% 1x pengumpulan tugas
Nilai akhir 100%
Kriteria penilaian :
Nilai
|
Range
|
A
|
> 80
|
B+
|
75 – 79
|
B
|
70 – 74
|
C+
|
65 – 69
|
C
|
60 – 64
|
D
|
< 60
|
Comments
Post a Comment