Promo buku ajar : Elemen dan Proses Desain Arsitektur Lanskap Taman Rumah Tinggal

ELEMEN DAN PROSES DESAIN ARSITEKTUR LANSKAP TAMAN RUMAH TINGGAL
Memahami Cara Merancang Eksterior Taman Rumah Tinggal Secara Praktis dan Mudah

Penulis : Irawan Setyabudi, ST.,MT
©Dream Litera Buana

Malang 2016

100 halaman, 15,5 x 23 cm
ISBN: 978-602-1060-59-9
Diterbitkan oleh CV. Dream Litera Buana 
Cetakan pertama, Maret 2016

Harga  promo : Rp. 75.000.00


Akhir-akhir ini perkembangan olahan ruang terbuka semakin membuka mata masyarakat karena memiliki nilai positif, tidak lagi dilihat hanya sebagai pelengkap ruang terbangun. Perkembangan taman di kota yang bersifat publik menjadikan desain taman sebagai ilmu terapan yang paling diminati. Contohnya di kota Malang terdapat taman tematik seperti taman kunang-kunang, taman merbabu, taman median di boulevard Ijen, taman tematik molekul, atau contohnya di kota Bandung ada taman jomblo, menjadikan suatu daerah semakin diingat oleh masyarakat, atau dalam bahasa ilmiahnya adalah landmark. Dalam hal ini masyarakat ikut memiliki karena ada sense of belonging. Bagaimana dengan lingkup lebih kecil misalnya taman rumah tinggal? Dalam mendesain taman rumah tinggal, alurnya lebih sederhana karena hanya 3 aktor yang berperan, yaitu klien, arsitek dan kontraktor. Klien sebagai owner proyek akan melimpahkan projectnya kepada arsitek, si arsitek yang dibantu oleh tim harus menguasai bidangnya dan saling berkomunikasi kepada klien tentang rancangannya sebelum dibangun oleh kontraktor. Dengan adanya komunikasi yang intensif dan sesuai dengan keinginan-kebutuhan klien akan mewujudkan rasa sense of belonging. Inilah dapat dikatakan sebagai karya yang berhasil.



Terbatasnya literatur dan buku-buku yang membahas secara runtut teori perancangan arsitektur lanskap merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan, karena hasil rancangannya tanpa disertai suatu konsep yang matang. Dalam buku ini, proses mendesain taman rumah tinggal dicoba disusun menjadi sebuah buku pedoman atau ajar kepada mahasiswa atau calon arsitek lanskap profesional yang berasal dari hasil pekerjaan mahasiswa, setiap babnya disajikan dengan diagram dan mudah dipahami.

Selain berasal dari rangkuman pekerjaan mahasiswa, juga dari kumpulan teori perancangan arsitektur lanskap yang sampai saat ini masih digunakan. Beberapa diantaranya telah diperbarui agar aktual dan sesuai kondisi masyarakat modern. Buku ini terdiri atas bab pengantar berarsitektur, teori azas perancangan arsitektur, proses desain : inventarisasi, studi objek, programming, konsep, pradesain serta pengembangan desain, selain itu dibahas mengenai pentingnya komunikasi bagi seorang arsitek.

Penulis berharap nantinya buku ini bermanfaat sebagai sebuah pedoman, acuan atau kitab bagi mahasiswa atau calon arsitek profesional yang membutuhkan informasi tentang proses desain taman rumah tinggal.

Ayo lengkapi koleksi buku arsitektur kalian, Salam arsitekturis! Salam lanskaper muda!

Untuk info pemesanan hubungi via sms : +62 82244334033 
atau email : isetyabudi.st@gmail.com
Harga  promo : Rp. 75.000.00 






Comments