Materi Kuliah Estetika dan Matra


Mata kuliah Estetika dan Matra (Kode ALA 2207) merupakan mata kuliah dasar perancangan yang terdiri atas 2 SKS yang diampu oleh Irawan Setyabudi, ST.,MT dan Ida Bagus Ananta Wijaya, ST.,MT dengan capaian pembelajaran : Memahami dan mengenali prinsip dan unsur desain arsitektural, tata atur, komposisi untuk dwi matra/tri matra dan proses desain dari suatu ide menjadi rancangan sederhana. Beberapa kampus mungkin menyebutnya sebagai Estetika Bentuk.


Berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Estetika dan Matra

Pertemuan I
Kemampuan 


Mampu mengerti dasar-dasar estetika
Indikator 

  1. Mampu mengerti kisi-kisi perkuliahan tentang Pengantar estetika secara umum
  2. Memahami tentang dasar-dasar estetika
  3. Mengerti beberapa contoh bentuk seni dan pemahaman artinya


Materi Pokok
Pengantar umum & Penjelasan dasar-dasar estetika
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab Non Tes
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan II
Kemampuan
Mampu memahami teori dwimatra tentang bentuk, perulangan dan racana 
Indikator 

  1. Memahami definisi dan jenis-jenis bentuk pengertian gatra dan jenis perulangan serta penjelasan arti dari racana (macam racana)
  2. Mempraktekkan eksplorasi teori dwimatra tentang bentuk, perulangan dan racana ke dalam gambar hitam putih dengan media buku gambar A3 dan pensil


Materi Pokok
Penjelasan Teori Dwimatra Tentang: Bentuk, Perulangan, Racana
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Non Tes

download
download
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan III
Kemampuan
Kebenaran menggambar eksplorasi teori dwimatra tentang bentuk, perulangan dan racana  
Indikator 

  1. Mampu memahami teori dwimatra tentang kemiripan, roncetan, pancaran, kelainan
  2. Memahami definisi dan jenis-jenis bentuk pengertian kemiripan, roncetan, pancaran, kelainan
  3. Mempraktekkan eksplorasi teori dwimatra tentang kemiripan, Roncetan, pancaran dan kelainan ke dalam gambar hitam putih dengan media buku gambar A3, pensil gambar dan tinta


Materi Pokok
Penjelasan Teori Dwimatra

Tentang: kemiripan, roncetan, pancaran, kelainan
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Non Tes
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan IV
Kemampuan
 Kebenaran menggambar eksplorasi teori dwimatra tentang kemiripan, roncetan, pancaran, kelainan
Indikator 

  1. Mampu memahami teori dwimatra tentang Kecengkahan, Kerapatan, Barik, RuangMemahami definisi dan jenis-jenis bentuk pengertian kecengkahan, kerapatan, barik dan ruang
  2. Mempraktekkan eksplorasi teori dwimatra tentang kecengkahan, kerapatan, barik dan ruang ke dalam gambar berwarna dengan media buku gambar A3 dan peralatan mewarna (pensil warna, cat poster, cat acrylic)


Materi Pokok
Penjelasan Teori Dwimatra

Tentang: kecengkahan, kerapatan, barik dan ruang
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Nontes

download
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan V-VI
Kemampuan
 Kebenaran menggambar eksplorasi teori dwimatra tentang kecengkahan, kerapatan, barik dan ruang
Indikator 

  1. Mampu memahami teori dwimatra tentang warna Memahami definisi dan karakteristik warna
  2. Mempraktekkan eksplorasi teori dwimatra tentang Skema Warna dengan media buku gambar A3 dan peralatan mewarna (cat poster)




Materi Pokok
Pengenalan Warna
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Nontes
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan VII-VIII
Kemampuan
 Kebenaran mempraktekkan eksplorasi warna
Indikator 

  1. Mampu mengaplikasikan teori dari minggu 1-7 dalam suatu tugas dwimatra
  2. Mempraktekkan gambar bebas berwarna dengan media buku gambar A3 dan peralatan melukis-kanvas kecil (menggunakan model sebagai obyek gambar - lokasi sekitar kampus Unitri)
  3. Mempraktekkan gambar dengan mengambil tema bentuk /perulangan /racana /kemiripan /roncetan /pancaran /kelainan /kecengkahan /kerapatan /barik /ruang dalam kertas A3 dan aplikasi teori warna


Materi Pokok
Praktikum Kompilasi
Bentuk Pembelajaran
Eksplorasi tes
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan IX
Kemampuan
 Kebenaran mempraktekkan teori minggu sebelumnya yaitu dengan gambar tematik dan bebas
Indikator 

  1. Mampu mengaplikasikan teori dari minggu 1-7 dalam suatu tugas dwimatraMempraktekkan gambar dengan mengambil tema bentuk /perulangan /racana /kemiripan /roncetan /pancaran /kelainan /kecengkahan /kerapatan /barik /ruang dalam kertas A3 dan aplikasi teori warna

Materi Pokok
UTS Eksplorasi
Bentuk Pembelajaran
tes
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan X-XI
Kemampuan
 Kebenaran dalam mempraktekkan gambar
Indikator 

  1. Mampu memahami teori trimatra tentang Bidang berderet, Racana dinding, Prisma dan silinder Memahami definisi dan penjelasan tentang bidang berderet, racana dinding, prisma dan silinderr
  2. Mempraktekkan teori trimatra tentang bidang berderet  dan prisma  ke dalam bentuk tiga dimensi dengan media berupa kertas karton, lem, kawat dan alat mewarna


Materi Pokok
Penjelasan Teori Trimatra

tentang: bidang berderet, racana dinding, prisma dan silinder
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Nontes

download
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan XII- XIII
Kemampuan
 Kebenaran dalam mempraktekkan membuat maket bidang berderet, racana dinding, prisma dan silinder
Indikator 

  1. Mampu memahami teori trimatra tentang perulangan, racana bahutira, bidang segitigaMemahami definisi dan penjelasan tentang perulangan, racana bahutira, dan bidang segitiga
  2. Mempraktekkan eksplorasi teori trimatra kedalam bentuk tiga dimensi dengan media berupa kertas karton, kayu halus, lem, kawat dan alat mewarna


Materi Pokok
Penjelasan Teori Trimatra

tentang: perulangan, racana bahutira, bidang segitiga
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Nontes

download
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan XIV
Kemampuan
 Kebenaran dalam mempraktekkan membuat maket racana bahutira, bidang segitiga
Indikator 

  1. Mampu memahami teori trimatra tentang rangka lanjar, lapisan lanjar, garis hubungMemahami definisi dan penjelasan tentang rangka lanjar, lapisan lanjar, garis hubung
  2. Mempraktekkan eksplorasi teori trimatra kedalam bentuk tiga dimensi dengan media berupa kertas karton, kayu halus (bisa stik es krim), lem, kawat dan alat mewarna


Materi Pokok
Penjelasan Teori Trimatra

tentang: rangka lanjar, lapisan lanjar, garis hubung
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Nontes
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan XV
Kemampuan
 Kebenaran dalam mempraktekkan membuat maket rangka lanjar, lapisan lanjar, garis hubun
Indikator 

  1. Mampu memahami teori trimatra tentang desain monumental (candi, tugu, dsb) dalam suatu tapak taman lingkungan
  2. Memahami definisi dan penjelasan tentang desain monumental
  3. Mempraktekkan eksplorasi teori trimatra kedalam bentuk tiga dimensi dengan media berupa kertas karton, kayu halus (bisa stik es krim), lem, kawat dan alat mewarna


Materi Pokok
Penjelasan desain monumental
Bentuk Pembelajaran
Ceramah; Tanya Jawab; Eksplorasi Nontes Kebenaran dalam mempraktekkan membuat maket desain monumental
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pertemuan XVI - UAS

Comments