Desain Dalem Campurejo





Desain rumah ini merupakan rancangan proyek keluarga besar kami yang dibangun secara partisipatory tiap anggota keluarga. Rumah ini merupakan rumah induk keluarga besar, sehingga tiap momen tertentu tiap anggota memiliki sense of belonging (rasa ikut memiliki) untuk menjaga dan merawatnya. Umumnya saat lebaran atau hari tertentu tiap keluarga berkumpul untuk menikmati suasana ataupun sekedar bercerita.


Desain rumah ini mengambil konsep gaya jawa dengan bentukan yang sederhana. Bentukan dominan atap diambil dari bentuk rumah joglo jompongan yang mana memakai dua buah pengeret dengan denah utama bujur sangkar. Bentuk rumah joglo ini berupakan bentuk dasar atau induk semua model joglo dan hanya dimiliki oleh orang terpandang. (Ismunandar, 2007). Setelah melewati beragam pemikiran dan mengambil esensinya, denah masih simetris meskipun bukan bujur sangkar utuh. Konsep lainnya mengacu pada green architecture, seperti pengoptimalan sistem pasif seperti penghawaan dan penyinaran ruang dalam. Pemilihan material juga mengambil konsep low cost dan mudah dalam pengerjaannya. Pengerjaan rumah memakan kurang lebih 3 bulan.

Semoga contoh gambar ini bisa memberikan sumbangan ide kepada Anda yaitu tentang bagaimana cara mendesain rumah tradisional dan terlihat modern. Tks.

Comments